Tema 5 Kelas 2 SD/MI Kurikulum 2013 berfokus pada "Pengalamanku." Subtema 3, "Pengalamanku di Tempat Bermain," mengajak siswa untuk merefleksikan dan memahami berbagai pengalaman yang mereka dapatkan saat bermain, baik di rumah, sekolah, maupun tempat rekreasi. Subtema ini mengintegrasikan berbagai mata pelajaran seperti Bahasa Indonesia, Matematika, SBdP, dan PPKn, dengan tujuan mengembangkan kemampuan siswa dalam berbagai aspek, termasuk kemampuan berbahasa, berhitung, berkreasi, dan berinteraksi sosial.
Artikel ini akan menyajikan contoh soal K13 kelas 2 tema 5 subtema 3 yang mencakup berbagai kompetensi dasar (KD) dan indikator pencapaian kompetensi (IPK) yang relevan. Soal-soal ini dirancang untuk menguji pemahaman siswa terhadap materi yang telah dipelajari, sekaligus melatih kemampuan berpikir kritis dan kreatif mereka.
A. Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD):
- 3.6 Mencermati ungkapan permintaan maaf dan tolong melalui teks tentang budaya santun sebagai gambaran sikap hidup rukun.
- 4.6 Menyampaikan ungkapan-ungkapan santun (menggunakan kata “maaf”, “tolong”) untuk hidup rukun dalam kemajemukan.
Contoh Soal:
-
Situasi: Bayu tidak sengaja menjatuhkan mainan milik Rina.
Pertanyaan: Kalimat permintaan maaf yang tepat diucapkan Bayu adalah…
a. "Itu bukan salahku!"
b. "Maafkan aku, Rina. Aku tidak sengaja menjatuhkan mainanmu."
c. "Ambil saja mainanmu sendiri!" -
Situasi: Siti ingin meminjam pensil warna milik Lani.
Pertanyaan: Kalimat permintaan tolong yang tepat diucapkan Siti adalah…
a. "Lani, berikan aku pensil warnamu!"
b. "Lani, aku pinjam pensil warnamu ya."
c. "Lani, tolong pinjamkan aku pensil warnamu." -
Soal Esai: Tuliskan satu contoh kalimat permintaan maaf yang sopan dan santun.
-
Soal Esai: Tuliskan satu contoh kalimat permintaan tolong yang sopan dan santun.
-
Soal Pilihan Ganda: Pilih kata yang tepat untuk melengkapi kalimat berikut:
"…., Bu. Saya tidak sengaja menumpahkan air di meja."
a. Terima kasih
b. Maaf
c. Sama-sama
Kunci Jawaban:
- b
- c
- (Contoh Jawaban): "Maaf, Bu. Saya tidak sengaja menumpahkan air di meja."
- (Contoh Jawaban): "Tolong bantu saya mengambilkan buku itu, ya."
- b
B. Matematika
Kompetensi Dasar (KD):
- 3.6 Menjelaskan dan menentukan panjang (satuan baku) yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
- 4.6 Mengukur dan menentukan panjang (satuan baku) yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
Contoh Soal:
-
Soal Pilihan Ganda: Panjang sebuah pensil adalah 15 cm. Panjang sebuah penggaris adalah 30 cm. Benda manakah yang lebih panjang?
a. Pensil
b. Penggaris
c. Sama panjang -
Soal Pilihan Ganda: Ibu membeli tali sepanjang 2 meter. Berapa sentimeter panjang tali tersebut? (Ingat: 1 meter = 100 cm)
a. 20 cm
b. 200 cm
c. 2000 cm -
Soal Esai: Gambarlah sebuah garis dengan panjang 7 cm menggunakan penggaris.
-
Soal Esai: Sebuah meja memiliki panjang 1 meter dan lebar 50 cm. Berapa total panjang keempat sisi meja tersebut dalam satuan sentimeter? (Petunjuk: Hitung keliling meja)
-
Soal Pilihan Ganda: Alat ukur yang tepat untuk mengukur panjang sebuah lapangan sepak bola adalah…
a. Penggaris
b. Meteran
c. Timbangan
Kunci Jawaban:
- b
- b
- (Jawaban: Siswa menggambar garis sepanjang 7 cm menggunakan penggaris)
- (Jawaban: 1 meter = 100 cm. Keliling = 2(panjang + lebar) = 2(100 cm + 50 cm) = 2(150 cm) = 300 cm)
- b
C. SBdP
Kompetensi Dasar (KD):
- 3.2 Mengenal pola irama sederhana melalui lagu.
- 4.2 Menampilkan pola irama sederhana melalui lagu.
Contoh Soal:
-
Soal Pilihan Ganda: Pada lagu "Naik Delman," bagian mana yang memiliki irama lebih cepat?
a. Bagian awal lagu
b. Bagian reff (bagian yang diulang)
c. Semua bagian lagu sama -
Soal Esai: Sebutkan 2 contoh alat musik ritmis yang dapat digunakan untuk mengiringi lagu anak-anak.
-
Soal Esai: Jelaskan apa yang dimaksud dengan pola irama sederhana.
-
Soal Praktik: Nyanyikan sebuah lagu anak-anak dengan pola irama yang tepat. (Guru menilai secara langsung)
-
Soal Pilihan Ganda: Alat musik berikut yang bukan termasuk alat musik ritmis adalah…
a. Tamborin
b. Gitar
c. Triangle
Kunci Jawaban:
- b
- (Contoh Jawaban): Tamborin, gendang
- (Jawaban: Pola irama sederhana adalah susunan bunyi yang teratur dan berulang-ulang)
- (Guru menilai ketepatan irama dan intonasi siswa)
- b
D. PPKn
Kompetensi Dasar (KD):
- 3.2 Memahami aturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah.
- 4.2 Melaksanakan aturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah.
Contoh Soal:
-
Soal Pilihan Ganda: Salah satu aturan yang berlaku di tempat bermain adalah…
a. Boleh bermain sepuasnya tanpa memperhatikan waktu.
b. Harus bermain dengan jujur dan sportif.
c. Boleh berebut mainan dengan teman. -
Soal Esai: Sebutkan 3 contoh aturan yang harus ditaati saat bermain di taman.
-
Soal Esai: Mengapa penting untuk mematuhi aturan saat bermain?
-
Soal Pilihan Ganda: Akibat jika tidak mematuhi aturan saat bermain adalah…
a. Permainan menjadi lebih menyenangkan.
b. Dapat menimbulkan pertengkaran dan kecelakaan.
c. Tidak ada pengaruhnya sama sekali. -
Soal Pilihan Ganda: Contoh perilaku yang mencerminkan sikap sportif saat bermain adalah…
a. Selalu ingin menang sendiri.
b. Menerima kekalahan dengan lapang dada.
c. Menyalahkan teman jika kalah.
Kunci Jawaban:
- b
- (Contoh Jawaban): Tidak membuang sampah sembarangan, tidak merusak tanaman, bermain dengan hati-hati.
- (Jawaban: Agar permainan berjalan lancar, aman, dan menyenangkan bagi semua orang. Juga untuk mencegah terjadinya pertengkaran dan kecelakaan.)
- b
- b
Kesimpulan
Contoh soal-soal di atas merupakan representasi dari materi yang dipelajari dalam Tema 5 Subtema 3 Kelas 2 SD/MI Kurikulum 2013. Soal-soal ini dirancang untuk menguji pemahaman siswa tentang konsep-konsep penting, melatih kemampuan berpikir kritis dan kreatif, serta mengembangkan karakter yang baik. Diharapkan, dengan mengerjakan soal-soal ini, siswa dapat lebih memahami makna dari pengalaman bermain dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Guru dapat menggunakan contoh soal ini sebagai referensi dalam menyusun soal-soal evaluasi yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan siswa di kelasnya. Selain itu, penting untuk selalu memberikan umpan balik yang konstruktif kepada siswa agar mereka dapat terus belajar dan berkembang.
Tinggalkan Balasan