Jl. Pendidikan Terapan No. 5

(0283) 554433

Contoh Soal K13 Kelas 3 Tema 1 Subtema 1: Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup

Tema 1 Kelas 3 Sekolah Dasar (SD) Kurikulum 2013 (K13) membahas tentang "Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup". Subtema 1 fokus pada "Ciri-ciri Makhluk Hidup". Artikel ini akan menyajikan berbagai contoh soal yang mencakup aspek pengetahuan, pemahaman, aplikasi, analisis, evaluasi, dan kreasi (C1-C6) sesuai dengan Taksonomi Bloom Revisi, yang dirancang untuk membantu siswa memahami materi dengan lebih komprehensif. Contoh soal ini juga akan disertai dengan pembahasan singkat untuk membantu guru dan orang tua dalam membimbing siswa.

A. Pengetahuan (C1)

Soal-soal pada level ini bertujuan untuk menguji kemampuan siswa dalam mengingat dan menyebutkan informasi faktual yang telah dipelajari.

Contoh Soal K13 Kelas 3 Tema 1 Subtema 1: Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup

  1. Soal: Sebutkan 3 ciri-ciri makhluk hidup yang kamu ketahui!

    Jawaban: Bergerak, bernapas, membutuhkan makanan.

    Pembahasan: Soal ini meminta siswa untuk mengingat ciri-ciri dasar makhluk hidup yang telah dipelajari.

  2. Soal: Apa nama proses pengambilan udara oleh makhluk hidup?

    Jawaban: Bernapas.

    Pembahasan: Soal ini menguji pemahaman siswa tentang istilah penting dalam ciri-ciri makhluk hidup.

  3. Soal: Apa yang dimaksud dengan pertumbuhan?

    Jawaban: Pertumbuhan adalah proses bertambahnya ukuran tubuh makhluk hidup.

    Pembahasan: Soal ini menguji definisi dasar tentang pertumbuhan.

  4. Soal: Apa saja yang termasuk dalam kebutuhan dasar makhluk hidup?

    Jawaban: Makanan, air, dan tempat tinggal.

    Pembahasan: Soal ini menguji pengetahuan siswa tentang kebutuhan vital bagi makhluk hidup.

  5. Soal: Apa yang dimaksud dengan berkembang biak?

    Jawaban: Berkembang biak adalah kemampuan makhluk hidup untuk menghasilkan keturunan.

    Pembahasan: Soal ini menguji definisi dasar tentang perkembangbiakan.

B. Pemahaman (C2)

Soal-soal pada level ini bertujuan untuk menguji kemampuan siswa dalam memahami makna dan menjelaskan informasi yang telah dipelajari.

  1. Soal: Jelaskan mengapa makhluk hidup memerlukan makanan!

    Jawaban: Makhluk hidup memerlukan makanan sebagai sumber energi untuk melakukan aktivitas dan pertumbuhan.

    Pembahasan: Soal ini meminta siswa untuk menjelaskan fungsi makanan bagi makhluk hidup.

  2. Soal: Mengapa manusia dan hewan perlu bergerak? Berikan contohnya!

    Jawaban: Manusia dan hewan perlu bergerak untuk mencari makan, menghindari bahaya, dan berinteraksi dengan lingkungan. Contohnya, burung terbang mencari makan, manusia berjalan ke sekolah.

    Pembahasan: Soal ini meminta siswa untuk menjelaskan pentingnya bergerak bagi makhluk hidup dan memberikan contoh konkret.

  3. Soal: Jelaskan perbedaan antara pertumbuhan dan perkembangan!

    Jawaban: Pertumbuhan adalah bertambahnya ukuran tubuh, sedangkan perkembangan adalah proses pematangan fungsi organ dan kemampuan makhluk hidup.

    Pembahasan: Soal ini meminta siswa untuk memahami perbedaan konsep antara pertumbuhan dan perkembangan.

  4. Soal: Bagaimana cara tumbuhan berkembang biak? Sebutkan salah satu contohnya!

    Jawaban: Tumbuhan berkembang biak dengan berbagai cara, misalnya dengan biji, tunas, atau stek. Contohnya, pohon mangga berkembang biak dengan biji.

    Pembahasan: Soal ini meminta siswa untuk menjelaskan cara tumbuhan berkembang biak dan memberikan contoh.

  5. Soal: Jelaskan mengapa makhluk hidup perlu bernapas!

    Jawaban: Makhluk hidup perlu bernapas untuk mendapatkan oksigen yang digunakan dalam proses pembakaran makanan untuk menghasilkan energi.

    Pembahasan: Soal ini meminta siswa untuk menjelaskan pentingnya bernapas bagi makhluk hidup.

C. Aplikasi (C3)

Soal-soal pada level ini bertujuan untuk menguji kemampuan siswa dalam menerapkan pengetahuan dan pemahaman yang telah dipelajari dalam situasi konkret.

  1. Soal: Amati lingkungan sekitarmu! Sebutkan 3 contoh makhluk hidup dan jelaskan ciri-ciri yang kamu amati pada masing-masing makhluk hidup tersebut!

    Jawaban: Contoh:

    • Pohon mangga: Tumbuh tinggi, memiliki daun yang bernapas, menghasilkan buah (berkembang biak).
    • Kucing: Bergerak dengan berjalan, bernapas dengan paru-paru, makan makanan (ikan atau daging).
    • Manusia: Bergerak dengan berjalan, bernapas dengan paru-paru, makan makanan untuk energi.

    Pembahasan: Soal ini meminta siswa untuk mengaplikasikan pengetahuan tentang ciri-ciri makhluk hidup pada pengamatan langsung.

  2. Soal: Jika kamu tidak memberi makan tanaman selama seminggu, apa yang akan terjadi? Jelaskan!

    Jawaban: Tanaman akan layu dan akhirnya mati karena tidak mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh dan berkembang.

    Pembahasan: Soal ini meminta siswa untuk mengaplikasikan pemahaman tentang kebutuhan makhluk hidup dalam situasi hipotetis.

  3. Soal: Bagaimana cara kamu merawat hewan peliharaanmu agar tetap sehat dan tumbuh dengan baik?

    Jawaban: Memberi makan dan minum secara teratur, membersihkan kandang, memberikan vaksinasi, dan mengajaknya bermain.

    Pembahasan: Soal ini meminta siswa untuk mengaplikasikan pengetahuan tentang kebutuhan makhluk hidup dalam konteks perawatan hewan peliharaan.

  4. Soal: Kamu melihat seekor kucing mengejar tikus. Jelaskan ciri-ciri makhluk hidup apa saja yang terlihat pada peristiwa tersebut!

    Jawaban: Bergerak (kucing mengejar tikus), membutuhkan makanan (kucing memburu tikus untuk dimakan), menanggapi rangsangan (kucing bereaksi terhadap keberadaan tikus).

    Pembahasan: Soal ini meminta siswa untuk mengaplikasikan pengetahuan tentang ciri-ciri makhluk hidup dalam pengamatan suatu peristiwa.

  5. Soal: Bagaimana cara kamu membuktikan bahwa tumbuhan bergerak?

    Jawaban: Mengamati arah pertumbuhan tanaman yang selalu menuju ke arah cahaya matahari.

    Pembahasan: Soal ini meminta siswa untuk mengaplikasikan pengetahuan tentang gerak pada tumbuhan melalui pengamatan sederhana.

D. Analisis (C4)

Soal-soal pada level ini bertujuan untuk menguji kemampuan siswa dalam menguraikan informasi menjadi bagian-bagian kecil dan mengidentifikasi hubungan antar bagian tersebut.

  1. Soal: Bandingkan cara bergerak antara ikan dan burung! Apa persamaan dan perbedaannya?

    Jawaban: Persamaan: Keduanya bergerak untuk mencari makan dan menghindari bahaya. Perbedaan: Ikan bergerak dengan sirip di air, burung bergerak dengan sayap di udara.

    Pembahasan: Soal ini meminta siswa untuk menganalisis dan membandingkan cara bergerak dua jenis hewan.

  2. Soal: Mengapa semua makhluk hidup perlu berkembang biak? Apa akibatnya jika makhluk hidup tidak berkembang biak?

    Jawaban: Makhluk hidup perlu berkembang biak untuk melestarikan jenisnya dan mencegah kepunahan. Jika makhluk hidup tidak berkembang biak, maka jenisnya akan punah.

    Pembahasan: Soal ini meminta siswa untuk menganalisis pentingnya perkembangbiakan bagi kelangsungan hidup suatu jenis makhluk hidup.

  3. Soal: Mengapa manusia membutuhkan pakaian dan tempat tinggal? Analisislah berdasarkan ciri-ciri makhluk hidup!

    Jawaban: Pakaian melindungi tubuh dari perubahan suhu dan cuaca, sedangkan tempat tinggal melindungi dari bahaya dan memberikan rasa aman. Keduanya membantu manusia untuk bertahan hidup dan berkembang biak, yang merupakan ciri-ciri makhluk hidup.

    Pembahasan: Soal ini meminta siswa untuk menganalisis kebutuhan manusia berdasarkan ciri-ciri makhluk hidup.

  4. Soal: Mengapa tumbuhan memiliki kemampuan untuk membuat makanan sendiri, sedangkan hewan tidak? Analisislah perbedaan struktur tubuh dan proses yang terjadi pada keduanya!

    Jawaban: Tumbuhan memiliki klorofil yang memungkinkan mereka melakukan fotosintesis, yaitu proses membuat makanan sendiri menggunakan cahaya matahari. Hewan tidak memiliki klorofil sehingga tidak bisa melakukan fotosintesis.

    Pembahasan: Soal ini meminta siswa untuk menganalisis perbedaan kemampuan tumbuhan dan hewan dalam membuat makanan berdasarkan perbedaan struktur tubuh dan proses yang terjadi.

  5. Soal: Seorang petani menyiram tanamannya setiap hari, tetapi tanamannya tetap layu dan mati. Apa saja faktor yang mungkin menjadi penyebabnya? Analisislah kemungkinan-kemungkinan tersebut!

    Jawaban: Kemungkinan penyebabnya:

    • Terlalu banyak air sehingga akar tanaman membusuk.
    • Tanah tidak subur sehingga tanaman kekurangan nutrisi.
    • Tanaman terkena hama atau penyakit.
    • Tanaman kekurangan cahaya matahari.

    Pembahasan: Soal ini meminta siswa untuk menganalisis berbagai faktor yang dapat mempengaruhi pertumbuhan tanaman.

E. Evaluasi (C5)

Soal-soal pada level ini bertujuan untuk menguji kemampuan siswa dalam memberikan penilaian terhadap informasi atau suatu kondisi berdasarkan kriteria tertentu.

  1. Soal: Seorang anak memberi makan kucing peliharaannya hanya dengan nasi setiap hari. Apakah tindakan tersebut benar? Jelaskan alasanmu!

    Jawaban: Tindakan tersebut tidak benar. Kucing membutuhkan makanan yang mengandung protein dan nutrisi lain yang tidak terdapat dalam nasi. Memberi makan kucing hanya dengan nasi dapat menyebabkan kucing kekurangan gizi dan sakit.

    Pembahasan: Soal ini meminta siswa untuk mengevaluasi tindakan seseorang berdasarkan pengetahuan tentang kebutuhan nutrisi makhluk hidup.

  2. Soal: Beberapa orang menebang pohon di hutan secara liar. Bagaimana pendapatmu tentang tindakan tersebut? Jelaskan dampak negatif dari tindakan tersebut!

    Jawaban: Tindakan tersebut sangat buruk dan merugikan. Dampak negatifnya: hilangnya habitat hewan, banjir, erosi, dan perubahan iklim.

    Pembahasan: Soal ini meminta siswa untuk mengevaluasi tindakan seseorang berdasarkan pengetahuan tentang dampak penebangan hutan terhadap lingkungan.

  3. Soal: Apakah penting bagi kita untuk menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal? Mengapa?

    Jawaban: Sangat penting. Lingkungan yang bersih mencegah penyebaran penyakit, membuat kita nyaman, dan mendukung pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup.

    Pembahasan: Soal ini meminta siswa untuk mengevaluasi pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.

  4. Soal: Seorang siswa malas berolahraga dan hanya bermain game setiap hari. Bagaimana pendapatmu tentang gaya hidup siswa tersebut? Jelaskan dampak negatifnya!

    Jawaban: Gaya hidup tersebut tidak sehat. Dampak negatifnya: obesitas, kurangnya stamina, rentan terhadap penyakit, dan kurangnya interaksi sosial.

    Pembahasan: Soal ini meminta siswa untuk mengevaluasi gaya hidup seseorang berdasarkan pengetahuan tentang kesehatan.

  5. Soal: Apakah semua jenis makanan baik untuk pertumbuhan dan perkembangan kita? Berikan contoh makanan yang sebaiknya dihindari!

    Jawaban: Tidak semua jenis makanan baik untuk kita. Makanan yang sebaiknya dihindari adalah makanan yang mengandung banyak gula, garam, dan lemak jahat, seperti makanan cepat saji dan minuman bersoda.

    Pembahasan: Soal ini meminta siswa untuk mengevaluasi jenis makanan berdasarkan pengetahuan tentang nutrisi yang baik untuk kesehatan.

F. Kreasi (C6)

Soal-soal pada level ini bertujuan untuk menguji kemampuan siswa dalam menciptakan sesuatu yang baru atau mengkombinasikan elemen-elemen yang sudah ada menjadi sesuatu yang berbeda.

  1. Soal: Buatlah poster yang berisi ajakan untuk menjaga kelestarian lingkungan!

    Jawaban: (Siswa membuat poster dengan gambar dan tulisan yang menarik tentang menjaga lingkungan)

    Pembahasan: Soal ini meminta siswa untuk menciptakan media visual yang berisi pesan tentang menjaga lingkungan.

  2. Soal: Rancanglah sebuah alat sederhana yang dapat membantu menyiram tanaman secara otomatis!

    Jawaban: (Siswa membuat rancangan alat sederhana dengan memanfaatkan botol plastik bekas, selang, dan timer)

    Pembahasan: Soal ini meminta siswa untuk menciptakan alat yang inovatif untuk membantu kegiatan sehari-hari.

  3. Soal: Buatlah sebuah cerita pendek tentang seorang anak yang merawat tanaman di kebunnya!

    Jawaban: (Siswa menulis cerita pendek dengan alur dan karakter yang menarik tentang merawat tanaman)

    Pembahasan: Soal ini meminta siswa untuk menciptakan karya sastra yang mengandung pesan moral.

  4. Soal: Buatlah lagu sederhana tentang ciri-ciri makhluk hidup!

    Jawaban: (Siswa menciptakan lagu dengan melodi dan lirik yang mudah diingat tentang ciri-ciri makhluk hidup)

    Pembahasan: Soal ini meminta siswa untuk menciptakan karya seni musik yang informatif.

  5. Soal: Buatlah model sederhana dari daur hidup kupu-kupu menggunakan bahan-bahan bekas!

    Jawaban: (Siswa membuat model daur hidup kupu-kupu menggunakan kardus, kertas, dan bahan bekas lainnya)

    Pembahasan: Soal ini meminta siswa untuk menciptakan model visual yang menggambarkan proses daur hidup kupu-kupu.

Dengan variasi soal yang mencakup berbagai level kognitif, diharapkan siswa dapat memahami materi Tema 1 Subtema 1 dengan lebih mendalam dan komprehensif. Guru dan orang tua dapat menggunakan contoh soal ini sebagai panduan dalam membimbing siswa belajar dan mempersiapkan diri menghadapi evaluasi. Ingatlah untuk selalu memberikan umpan balik yang konstruktif dan mendorong siswa untuk berpikir kritis dan kreatif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Search

Popular Posts

  • Contoh Soal Tematik Kelas 5 Tema 3 Subtema 3: Pengaruh Makanan Sehat Terhadap Pertumbuhan dan Perkembangan
    Contoh Soal Tematik Kelas 5 Tema 3 Subtema 3: Pengaruh Makanan Sehat Terhadap Pertumbuhan dan Perkembangan

    Pendahuluan Tema 3 kelas 5 Sekolah Dasar (SD) berfokus pada "Makanan Sehat". Subtema 3, khususnya, membahas "Pentingnya Menjaga Asupan Makanan Sehat". Subtema ini bertujuan agar siswa memahami pengaruh makanan sehat terhadap pertumbuhan dan perkembangan, serta pentingnya memilih makanan yang bergizi seimbang. Artikel ini akan menyajikan berbagai contoh soal tematik yang mencakup berbagai aspek dari subtema…

  • Contoh Soal Tematik Kelas 5 Tema 3 Subtema 1: Makanan Sehat
    Contoh Soal Tematik Kelas 5 Tema 3 Subtema 1: Makanan Sehat

    Tema 3 kelas 5 SD/MI membahas tentang "Makanan Sehat." Subtema 1, yang akan kita fokuskan dalam contoh soal ini, berjudul "Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan." Subtema ini mengajak siswa untuk memahami pentingnya makanan sehat bagi tubuh, proses pencernaan makanan, dan organ-organ yang terlibat dalam proses tersebut. Artikel ini akan menyajikan berbagai contoh soal tematik yang mencakup…

  • Contoh Soal Tematik Kelas 5 Tema 3: Makanan Sehat (Dilengkapi Pembahasan)
    Contoh Soal Tematik Kelas 5 Tema 3: Makanan Sehat (Dilengkapi Pembahasan)

    Tema 3 untuk kelas 5 SD berfokus pada "Makanan Sehat," sebuah topik penting yang menanamkan kesadaran tentang pentingnya gizi seimbang, sistem pencernaan, dan dampaknya terhadap kesehatan. Artikel ini akan menyajikan berbagai contoh soal tematik yang mencakup berbagai aspek dalam tema ini, dilengkapi dengan pembahasan mendalam untuk membantu siswa memahami konsep-konsep kunci. A. Muatan Pelajaran IPA…

Categories

Tags