Jl. Pendidikan Terapan No. 5

(0283) 554433

Contoh Soal Tematik Kelas 3 Tema 7: Perkembangan Teknologi

Tema 7 kelas 3 SD/MI membahas tentang "Perkembangan Teknologi". Tema ini bertujuan untuk mengenalkan kepada siswa tentang bagaimana teknologi telah berkembang dari masa lalu hingga sekarang, serta dampaknya bagi kehidupan manusia. Melalui tema ini, siswa diharapkan dapat memahami manfaat teknologi, bijak dalam menggunakannya, serta menghargai proses perkembangan teknologi itu sendiri.

Berikut adalah contoh soal tematik yang mencakup berbagai aspek dalam tema 7, meliputi muatan pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, SBdP, dan PPKn. Soal-soal ini dirancang untuk menguji pemahaman siswa secara komprehensif.

A. Bahasa Indonesia

Contoh Soal Tematik Kelas 3 Tema 7: Perkembangan Teknologi

  1. Bacalah teks berikut dengan saksama!

    Dahulu, orang berkomunikasi jarak jauh menggunakan surat. Surat ditulis tangan di atas kertas, kemudian dikirim melalui kantor pos. Proses pengiriman surat bisa memakan waktu berhari-hari, bahkan berminggu-minggu, tergantung jaraknya. Sekarang, dengan adanya teknologi internet, kita bisa berkomunikasi dengan mudah dan cepat melalui email, pesan instan, atau video call. Kita bisa berbicara dengan orang yang berada di belahan dunia lain dalam hitungan detik.

    Pertanyaan:

    a. Bagaimana cara orang berkomunikasi jarak jauh pada zaman dahulu?

    b. Bagaimana cara orang berkomunikasi jarak jauh pada zaman sekarang?

    c. Sebutkan perbedaan antara berkomunikasi menggunakan surat dengan menggunakan email!

    d. Apa manfaat teknologi internet dalam berkomunikasi?

  2. Buatlah kalimat menggunakan kata-kata berikut yang berkaitan dengan teknologi:

    a. Komputer

    b. Telepon

    c. Internet

    d. Transportasi

  3. Susunlah kalimat acak berikut menjadi paragraf yang padu!

    1. Dahulu, orang mencuci pakaian dengan tangan di sungai.
    2. Sekarang, ada mesin cuci yang memudahkan pekerjaan mencuci.
    3. Teknologi telah membantu meringankan pekerjaan manusia.
    4. Mesin cuci dapat mencuci pakaian dengan cepat dan bersih.
  4. Tuliskan sebuah cerita pendek tentang pengalamanmu menggunakan teknologi!

    (Misalnya, pengalaman belajar online, menggunakan aplikasi edukasi, atau bermain game edukatif)

B. Matematika

  1. Perhatikan tabel berikut yang menunjukkan hasil panen padi Pak Tani selama 3 tahun terakhir!

    Tahun Hasil Panen (kg)
    2021 1.500
    2022 1.800
    2023 2.200

    Pertanyaan:

    a. Berapa total hasil panen padi Pak Tani selama 3 tahun?

    b. Berapa selisih hasil panen pada tahun 2023 dan 2021?

    c. Jika Pak Tani menjual 1 kg padi seharga Rp 10.000, berapa pendapatan Pak Tani pada tahun 2022?

  2. Sebuah pabrik tekstil dapat menghasilkan 500 meter kain setiap hari. Berapa meter kain yang dapat dihasilkan pabrik tersebut dalam satu minggu?

  3. Ibu membeli sebuah televisi baru dengan harga Rp 2.500.000. Ibu membayar dengan 5 lembar uang Rp 500.000. Berapa kembalian yang diterima Ibu?

  4. Sebuah bus dapat mengangkut 50 penumpang. Jika ada 8 bus yang beroperasi, berapa total penumpang yang dapat diangkut?

C. SBdP (Seni Budaya dan Prakarya)

  1. Sebutkan 3 contoh alat musik tradisional yang menggunakan teknologi sederhana dalam pembuatannya!

  2. Jelaskan bagaimana cara membuat layang-layang sederhana!

    (Sebutkan bahan-bahan yang dibutuhkan dan langkah-langkah pembuatannya)

  3. Buatlah gambar atau kolase yang menggambarkan perkembangan teknologi transportasi!

    (Misalnya, gambar perbandingan antara sepeda ontel dengan sepeda motor, atau kereta api uap dengan kereta api listrik)

  4. Nyanyikan sebuah lagu daerah yang menceritakan tentang kehidupan masyarakat agraris!

    (Misalnya, lagu "Cublak-Cublak Suweng" atau "Gundul Pacul")

D. PPKn (Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan)

  1. Sebutkan 3 contoh manfaat teknologi bagi kehidupan masyarakat!

  2. Berikan 2 contoh sikap bijak dalam menggunakan teknologi!

  3. Mengapa kita harus menghargai orang-orang yang berjasa dalam mengembangkan teknologi?

  4. Bagaimana cara menjaga keamanan diri saat menggunakan internet?

    (Misalnya, tidak memberikan informasi pribadi kepada orang yang tidak dikenal, atau tidak membuka situs web yang mencurigakan)

Kunci Jawaban (Contoh):

  • Bahasa Indonesia:

    1. a. Menggunakan surat yang dikirim melalui kantor pos. b. Menggunakan email, pesan instan, atau video call. c. Surat membutuhkan waktu lama, email lebih cepat. d. Memudahkan dan mempercepat komunikasi.
    2. (Jawaban bervariasi, contoh: Saya menggunakan komputer untuk belajar online.)
    3. 1-3-2-4
    4. (Jawaban bervariasi, disesuaikan dengan pengalaman siswa)
  • Matematika:

    1. a. 5.500 kg b. 700 kg c. Rp 18.000.000
    2. 3.500 meter
    3. Rp 0 (pas)
    4. 400 penumpang
  • SBdP:

    1. (Jawaban bervariasi, contoh: angklung, gamelan, kendang)
    2. (Jawaban disesuaikan dengan langkah-langkah pembuatan layang-layang)
    3. (Penilaian berdasarkan kreativitas dan kesesuaian dengan tema)
    4. (Penilaian berdasarkan kemampuan menyanyi dan pemahaman lirik)
  • PPKn:

    1. (Jawaban bervariasi, contoh: memudahkan komunikasi, mempercepat pekerjaan, meningkatkan efisiensi)
    2. (Jawaban bervariasi, contoh: menggunakan teknologi untuk hal-hal positif, tidak berlebihan dalam bermain game)
    3. Karena mereka telah memberikan kontribusi besar bagi kemajuan peradaban manusia.
    4. (Jawaban bervariasi, contoh: tidak memberikan informasi pribadi kepada orang yang tidak dikenal, menggunakan password yang kuat)

Penjelasan Tambahan:

  • Soal-soal di atas hanyalah contoh. Guru dapat mengembangkan soal-soal lain yang lebih bervariasi dan sesuai dengan karakteristik siswa.
  • Penilaian dapat dilakukan secara individual maupun kelompok.
  • Selain soal tertulis, guru juga dapat memberikan tugas praktik atau proyek yang berkaitan dengan tema "Perkembangan Teknologi". Misalnya, membuat model alat transportasi sederhana, membuat poster tentang manfaat teknologi, atau melakukan wawancara dengan orang tua atau kakek nenek tentang teknologi pada masa lalu.
  • Penting untuk menekankan kepada siswa bahwa teknologi harus digunakan secara bijak dan bertanggung jawab. Teknologi dapat memberikan banyak manfaat, tetapi juga dapat menimbulkan dampak negatif jika tidak digunakan dengan benar.

Kesimpulan:

Dengan mempelajari tema "Perkembangan Teknologi", siswa kelas 3 diharapkan dapat memiliki pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana teknologi telah mengubah kehidupan manusia. Mereka juga diharapkan dapat menjadi pengguna teknologi yang cerdas, kreatif, dan bertanggung jawab. Contoh soal di atas dapat digunakan sebagai referensi bagi guru dalam menyusun materi pembelajaran dan alat evaluasi yang efektif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Search

Popular Posts

  • Senang Belajar Bersama: Menguasai Konsep Dasar Melalui Contoh Soal SBDB Kelas 2 SD
    Senang Belajar Bersama: Menguasai Konsep Dasar Melalui Contoh Soal SBDB Kelas 2 SD

    Pendidikan dasar adalah fondasi penting bagi perkembangan intelektual anak. Di jenjang kelas 2 Sekolah Dasar (SD), anak-anak mulai membangun pemahaman yang lebih mendalam tentang berbagai mata pelajaran. Salah satu pendekatan yang efektif untuk memperkuat pemahaman konsep dan melatih kemampuan anak adalah melalui latihan soal yang terstruktur dan menyenangkan. Dalam konteks ini, Senang Belajar Bersama (SBDB)…

  • Memahami Waktu dengan Gembira: Contoh Soal Satuan Waktu Kelas 2 SD
    Memahami Waktu dengan Gembira: Contoh Soal Satuan Waktu Kelas 2 SD

    Waktu adalah salah satu konsep fundamental yang perlu dipahami anak sejak dini. Memahami satuan waktu seperti detik, menit, jam, hari, minggu, bulan, dan tahun akan membantu anak dalam mengatur jadwal, memahami urutan kejadian, dan mengembangkan rasa tanggung jawab. Bagi siswa kelas 2 SD, pembelajaran satuan waktu biasanya dimulai dengan pengenalan konsep dasar, kemudian berlanjut pada…

  • Mengukur Dunia Sekitar Kita: Mengenal Satuan Panjang Tidak Baku untuk Siswa Kelas 2 SD
    Mengukur Dunia Sekitar Kita: Mengenal Satuan Panjang Tidak Baku untuk Siswa Kelas 2 SD

    Pernahkah kamu mencoba mengukur panjang meja di kelas menggunakan jengkal tanganmu? Atau mengukur panjang buku gambarmu dengan menggunakan pensil? Jika pernah, berarti kamu sudah akrab dengan yang namanya satuan panjang tidak baku. Di kelas 2 Sekolah Dasar, pembelajaran mengenai satuan panjang tidak baku menjadi jembatan penting untuk memahami konsep pengukuran yang lebih kompleks di kemudian…

Categories

Tags