Artikel ini menyajikan contoh soal tematik Tema 3 untuk kelas 1 SD semester 1, yang berjudul "Kegiatanku." Soal-soal ini dirancang untuk menguji pemahaman siswa tentang berbagai kegiatan sehari-hari yang dilakukan di rumah, di sekolah, dan di lingkungan sekitar, serta mengintegrasikan berbagai mata pelajaran seperti Bahasa Indonesia, Matematika, SBdP, dan PPKn. Artikel ini juga memberikan pembahasan singkat untuk setiap soal, sehingga dapat digunakan sebagai bahan belajar dan latihan bagi siswa.
A. Bahasa Indonesia
Bagian ini berfokus pada kemampuan siswa dalam membaca, menulis, dan memahami teks sederhana yang berkaitan dengan kegiatan sehari-hari.
1. Membaca dan Memahami Teks
-
Soal 1: Bacalah teks berikut dengan cermat:
"Setiap pagi, Nina bangun pukul 6. Nina merapikan tempat tidur. Setelah itu, Nina mandi dan memakai seragam. Nina sarapan bersama keluarga. Nina berangkat ke sekolah pukul 7 diantar ayah."
Pertanyaan:
a. Pukul berapa Nina bangun tidur?
b. Apa yang dilakukan Nina setelah bangun tidur?
c. Siapa yang mengantar Nina ke sekolah?Pembahasan:
a. Nina bangun tidur pukul 6.
b. Nina merapikan tempat tidur.
c. Ayah yang mengantar Nina ke sekolah. -
Soal 2: Bacalah kalimat berikut:
"Ibu memasak nasi goreng di dapur."
Pertanyaan:
a. Siapa yang memasak nasi goreng?
b. Di mana Ibu memasak nasi goreng?Pembahasan:
a. Ibu yang memasak nasi goreng.
b. Ibu memasak nasi goreng di dapur.
2. Menulis Kalimat Sederhana
-
Soal 3: Susunlah kata-kata berikut menjadi kalimat yang benar:
"ke – sekolah – saya – pergi"
Jawaban: Saya pergi ke sekolah.
-
Soal 4: Lengkapi kalimat berikut dengan kata yang tepat:
"Setiap sore, aku … buku di rumah."
Pilihan jawaban: (a) bermain, (b) membaca, (c) makan
Jawaban: (b) membaca
3. Mengidentifikasi Bunyi dan Huruf
-
Soal 5: Lingkari huruf vokal pada kata berikut: "sekolah"
Jawaban: s e k o l a h
-
Soal 6: Tuliskan nama benda berikut: (Gambar buku)
Jawaban: Buku
B. Matematika
Bagian ini menguji kemampuan siswa dalam berhitung sederhana, mengenal bilangan, dan memecahkan masalah matematika yang berkaitan dengan kegiatan sehari-hari.
1. Mengenal Bilangan dan Lambangnya
-
Soal 7: Tuliskan lambang bilangan untuk:
a. Tujuh
b. SebelasJawaban:
a. 7
b. 11 -
Soal 8: Urutkan bilangan berikut dari yang terkecil: 5, 2, 8, 1, 4
Jawaban: 1, 2, 4, 5, 8
2. Penjumlahan dan Pengurangan Sederhana
-
Soal 9: Ibu membeli 3 buah apel dan 2 buah jeruk. Berapa jumlah buah yang dibeli Ibu?
Jawaban: 3 + 2 = 5. Jadi, jumlah buah yang dibeli Ibu adalah 5.
-
Soal 10: Adik memiliki 7 kelereng. Adik memberikan 2 kelereng kepada teman. Berapa sisa kelereng Adik?
Jawaban: 7 – 2 = 5. Jadi, sisa kelereng Adik adalah 5.
3. Membandingkan Bilangan
-
Soal 11: Berilah tanda ">" (lebih besar) atau "<" (lebih kecil) atau "=" (sama dengan) pada soal berikut:
a. 6 … 9
b. 10 … 5
c. 7 … 7Jawaban:
a. 6 < 9
b. 10 > 5
c. 7 = 7
C. SBdP (Seni Budaya dan Prakarya)
Bagian ini menguji kemampuan siswa dalam mengenal unsur seni dan budaya, serta membuat karya sederhana.
1. Mengenal Warna
-
Soal 12: Sebutkan warna dari benda-benda berikut:
a. Daun
b. Matahari
c. LangitJawaban:
a. Hijau
b. Kuning
c. Biru -
Soal 13: Warnailah gambar berikut dengan warna yang sesuai: (Gambar buah apel)
Jawaban: Apel diwarnai dengan warna merah atau hijau.
2. Membuat Karya Sederhana
-
Soal 14: Buatlah gambar matahari menggunakan pensil warna.
Jawaban: Siswa menggambar matahari dengan warna kuning dan oranye.
-
Soal 15: Sebutkan alat dan bahan yang digunakan untuk membuat kolase dari daun kering.
Jawaban: Daun kering, lem, kertas gambar.
3. Mengenal Gerakan
-
Soal 16: Tirukan gerakan pohon tertiup angin.
Jawaban: Siswa menirukan gerakan pohon yang meliuk-liuk ke kanan dan ke kiri.
-
Soal 17: Sebutkan salah satu contoh gerakan hewan.
Jawaban: Berjalan seperti kucing, melompat seperti kelinci.
D. PPKn (Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan)
Bagian ini menguji pemahaman siswa tentang nilai-nilai Pancasila dan norma yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari.
1. Aturan di Rumah dan di Sekolah
-
Soal 18: Sebutkan 2 contoh aturan yang berlaku di rumah.
Jawaban:
- Merapikan tempat tidur setelah bangun tidur.
- Membantu orang tua.
-
Soal 19: Sebutkan 2 contoh aturan yang berlaku di sekolah.
Jawaban:
- Datang tepat waktu.
- Memakai seragam yang rapi.
2. Sikap Terhadap Orang Lain
-
Soal 20: Bagaimana sikapmu jika temanmu terjatuh saat bermain?
Jawaban: Menolong teman dan membantunya berdiri.
-
Soal 21: Mengapa kita harus saling menghormati antar teman?
Jawaban: Agar tercipta kerukunan dan persahabatan yang baik.
3. Nilai-Nilai Pancasila
-
Soal 22: Contoh sikap yang sesuai dengan sila pertama Pancasila adalah…
Pilihan jawaban: (a) Berdoa sebelum makan, (b) Membantu teman, (c) Belajar dengan giat
Jawaban: (a) Berdoa sebelum makan
-
Soal 23: Contoh sikap yang sesuai dengan sila kedua Pancasila adalah…
Pilihan jawaban: (a) Menyayangi hewan, (b) Menghormati guru, (c) Kerja bakti membersihkan kelas
Jawaban: (b) Menghormati guru
E. Soal Integrasi (Gabungan Mata Pelajaran)
Bagian ini menguji kemampuan siswa dalam mengaplikasikan pengetahuan dari berbagai mata pelajaran untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan kegiatan sehari-hari.
-
Soal 24: Ani bangun tidur pukul 6 pagi. Setelah itu, Ani mandi dan sarapan. Gambarlah jam yang menunjukkan pukul 6 pagi. (Integrasi Matematika dan SBdP)
Jawaban: Siswa menggambar jam dengan jarum pendek menunjuk angka 6 dan jarum panjang menunjuk angka 12.
-
Soal 25: Setiap hari Senin, siswa kelas 1 melaksanakan upacara bendera. Apa manfaat mengikuti upacara bendera? (Integrasi PPKn dan Bahasa Indonesia)
Jawaban: Melatih kedisiplinan, menumbuhkan rasa cinta tanah air, dan menghormati jasa para pahlawan.
-
Soal 26: Ibu membuat kue untuk acara ulang tahun adik. Ibu menggunakan 2 butir telur, 1 gelas tepung, dan 1/2 gelas gula. Berapa banyak bahan yang digunakan Ibu untuk membuat kue? (Integrasi Matematika dan Bahasa Indonesia)
Jawaban: Ibu menggunakan 2 butir telur + 1 gelas tepung + 1/2 gelas gula = 3 1/2 bahan.
Kesimpulan:
Contoh soal tematik Tema 3 kelas 1 SD semester 1 ini mencakup berbagai aspek penting dalam pembelajaran, mulai dari pemahaman bacaan, kemampuan berhitung, hingga penerapan nilai-nilai Pancasila. Dengan berlatih mengerjakan soal-soal ini, siswa diharapkan dapat meningkatkan pemahaman mereka tentang kegiatan sehari-hari dan mengembangkan kemampuan berpikir kritis serta kreatif. Guru dan orang tua dapat menggunakan soal-soal ini sebagai bahan evaluasi dan panduan dalam mendampingi siswa belajar. Penting untuk diingat bahwa proses belajar haruslah menyenangkan dan interaktif, sehingga siswa termotivasi untuk terus belajar dan mengembangkan potensi diri.
Tinggalkan Balasan